UAS MATA KULIAH PANCASILA

5 Feb 2020

UAS MATA KULIAH PANCASILA



Nama   : Rully Febrian
NIM    : 51919064

     1.   Dalam filsafat Pancasila terdapat 3 (tiga) tingkatan nilai, sebutkan dan jelaskan ketiga nilai-nilai tersebut! Jelaskan hubungan nilai-nilai tersebut apabila dipandang dari sudut pandang Pancasila sebagai filsafat Negara dan berikan contohnya !

Jawaban          :

Filsafat pancasila mempunyai 3 tingkatan nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.
·         Nilai dasar, adalah asas-asas yang kita terima sebagai dalil yang bersifat mutlak, sebagai sesuatu yang benar atau tidak perlu dipertanyakan lagi. Nilai-nilai dasar dari Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.
·         Nilai instrumental, adalah nilai yang berbentuk norma sosial dan norma hukum yang selanjutnya akan terkristalisasi dalam peraturan dan mekanisme lembaga-lembaga negara.
·         Nilai praksis, adalah nilai yang sesungguhnya kita laksanakan dalam kenyataan. Nilai ini merupakan batu ujian apakah nilai dasar dan nilai instrumental itu benar-benar hidup dalam masyarakat.
Nilai-nilai dalam Pancasila termasuk nilai etik atau nilai moral merupakan nilai dasar yang mendasari nilai intrumental dan selanjutnya mendasari semua aktivitas kehidupan masyarakat, berbansa, dan bernegara.
Secara aksiologis, bangsa Indonesia merupakan pendukung nilai-nilai Pancasila (subscriber of value Pancasila), yaitu bangsa yang berketuhanan, yang berkemanusiaan, yang berpersatuan, yang berkerakyatan dan berkeadilan sosial.Pengakuan, penerimaan dan pernghargaan atas nilai-nilai Pancasila itu nampak dalam sikap, tingkah laku, dan perbuatan bangsa Indonesia sehingga mencerminkan sifat khas sebagai Manusia Indonesia.






2. Hal positif dan negatif apa yang dapat anda lihat dari perkembangan IPTEK saat ini di Indonesia? Menurut Anda bagaimana relasi Nilai-nilai Pancasila dengan perkembangan IPTEK di Indonesia?Jelaskan dan berikan contohnya!

Jawaban          :


Positif :

1. Wadah untuk menambah pengetahuan
Dengan berbagai informasi yang ada didalam internet, kita bisa menjadi lebih tahu segala hal karena bertambahnya pengetahuan dan informasi. Ya, semua bidang di seluruh dunia bisa Anda temui di internet beserta perkembangannya. Khusus yang pelajar dan mahasiswa, penggunaan internet mempermudah pekerjaan rumahmu.
Pelajar juga bisa melihat dan mempelajari video pembelajaran yang menunjang pelajaran mereka. Banyak video edukasi yang tersebar di internet, khususnya Youtube, Anda hanya perlu mendownload video tersebut dan mempelajarinya dengan baik saja. Para pekerja juga bisa menambah informasi seputar pekerjaannya melalui internet. Anda butuh informasi loker? Di internet juga ada banyak.
2. Menjadi media untuk komunikasi
Internet juga bisa digunakan untuk alat komunikasi di era teknologi seperti sekarang. Anda bisa berkomunikasi dengan pengguna internet lain yang ada di penjuru dunia. Dengan begitu, segala informasi yang Anda butuhkan bisa didapat dengan mudah, cepat dan tidak membingungkan karena dari orang yang bersangkutan langsung.
Contoh penggunaan internet untuk media komunikasi adalah dengan banyaknya media atau aplikasi sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Line, BBM dan sebagainya. Ini tentu saja mempermudah komunikasimu dengan semua orang dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.
3. Mencari lowongan pekerjaan
Bukan hanya banyak informasi seputar wawasan dan juga pengetahuan saja, di internet Anda juga bisa mendapat banyak informasi seputar lowongan pekerjaan. Tentu saja ini cocok buatmu yang memang lagi butuh pekerjaan yang cepat. Di internet, Anda bisa menemui banyak situs yang menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan ini.
Dengan berbagai situs yang ada, Anda bisa memilih mana pekerjaan yang menurutmu paling cocok dengan diri Anda. Selain itu, setiap perusahaan besar di Indonesia dan dunia juga menggunakan internet untuk mencari tahu lebih lengkap seputar calon pekerja. Jadi usahakan memberi citra yang baik di internet agar Anda tetap mendapat apa yang dinginkan.
4. Lebih mudah untuk melakukan bisnis dan juga transaksinya
Dengan adanya internet, proses bisnis yang Anda jalani atau ingin dikembangkan juga sangat bagus dan menjanjikan. Anda bisa mendapat pundi rupiah tanpa batas melalui internet. Tenang saja karena ada banyak bisnis yang bisa dimulai dari internet. Contohnya seperti toko online, blogger, content writer hingga berbagai bisnis lain yang cocok dengan minat dan kemampuanmu.
Anda yang ingin bisnis telah dijalankan makin maju bisa juga memanfaatkan perkembangan internet. Saat ini ada banyak strategi internet marketing yang bisa dicoba. Internet marketing memberikan banyak keuntungan para pelaku bisnis. Contohnya proses pemasaran lebih luas karena bukan hanya orang lokal saja yang bisa melihatnya.

Negatif :

1. Konten Dewasa
Tidak salah apabila internet dikaitkan dengan konten dewasa, baik yang berupa video, gambar, konten ataupun sebagainya. Dengan menggunakan media internet ini, memberi peluang setiap orang untuk mengunduh, melihat dan juga memperdagangkan pornografi. Jadi internet bukan hanya berisi bisnis anak muda yang menjanjikan untuk Anda lakukan saja.
Namun berisi juga berbagai fantasi dan juga role playing yang dikhususkan untuk orang dewasa. Ini tentu cukup membahayakan, khususnya untuk anak-anak yang sebenarnya belum boleh mengakses konten dewasa tersebut.
2. Tersebarnya berbagai informasi palsu
Informasi palsu atau yang akrab disapa hoaks juga sangat tersebar luas di internet. Informasi ini tentu saja menakutkan bagi setiap orang, khususnya kalangan yang belum terlalu paham mengenai informasi tersebut. Bisa jadi informasi palsu ini lebih menakutkan dibanding pembunuhan karena efeknya berjalan dalam jangka panjang.
Sebetulnya sangat mudah untuk mendeteksi mana informasi palsu dan yang tidak. Hanya saja kebanyakan masyarakat jaman sekarang memang tidak mau memikirkan hal tersebut. Sehingga wajar jika banyak yang langsung percaya. Parahnya, informasi palsu tersebut juga disebarkan ke orang lain sehingga banyak yang dirugikan.
3. Menampilkan sisi kekejaman
Kompleksnya berbagai informasi yang ada di internet banyak situs menampilkan berbagai informasi, termasuk informasi yang mengarah kekejaman. Meskipun hanya untuk menaikkan pamor atau sebagainya, tentu saja informasi seperti ini tidak patut untuk diberitakan ke orang lain. Karena bisa membuat trauma dan dianggap tabu oleh sebagian orang.

4. Penipuan
Inspirasi bisnis anak muda yang banyak di internet membuat segala hal bisa terjadi. Contohnya saja sering terjadinya penipuan yang merugikan sebagian besar korbannya.  Jadi Anda yang ingin melakukan bisnis atau ingin menambah uang bulanan harus memastikan jika bisnis yang Anda jalani tersebut bagus dan terpercaya.
·         Nilai nilai Pancasila dalam perkembangan IPTEK
a. Nilai Pancasila sebagai dasar perkembangan IPTEK 
Pancasila bukan merupakan ideologi yang kaku dan tertutup,namun justru bersifat reformatif, dinamis,dan antisipatif.Karena syarat sebuah ideologi memiliki kekuatandimensi,idealism,dan fleksibiliti.
b. Nilai Pancasila sebagai Motivator Perkembangan IPTEK 
Nilai-nilai Pancasila juga menjadi sumbermotivasi bagi perkembangan Ilmu Pengetahuandan Teknologi (IPTEK) dalam mencerdaskanbangsa yang mempunyai nilai-nilai Pancasilatinggi serta menegakkan kemerdekaan secarautuh, kedaulatan, dan martabat nasional dalamwujud negara Indonesia yang merdeka, yakniNegara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
c. Nilai-Nilai Pancasila dalam Mengembangkan IPTEK 
• Sebagai filtrasi
• Sebagai tolak ukur
• Sebagai alat control


3.   Pancasila sebagai ideologi, selain menghadapi tantangan dari ideologi-ideologi besar dunia juga menghadapi tantangan dari sikap dan perilaku kehidupan yang menyimpang dari norma-norma masyarakat umum. Jelaskan sikap dan perilaku menyimpang apa saja yang dapat dilihat fenomenanya dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini? Kemukakan pendapat Anda dan bagaimana solusinya dan berikan contohnya!


Jawaban :

Contoh Perilaku Penyimpangan Sosial

1. Penyalahan Obat Terlarang atau narkoba

Kasus penyalahgunaan obat-obat terlarang atau narkoba sudah tidak asing lagi terjadi, keadaan ini jelas merupakan sebuah perilaku penyimpangan sosial karena melanggar norma yang berlaku dalam masyarakat bahkan hingga melanggar hukum suatu negara.
Perilaku penyimpangan ini dapat menyerang berbagai kalangan, dimana faktor penyebabnya biasanya karena faktor ekonomi hingga psikologis.
Dampak dari perilaku penyimpangan sosial ini juga buruk bagi masyarakat karena biasanya meresahkan lingkungan masyarakat, terlebih lagi dapat merugikan negara.

2. Kenakalan Remaja

Contoh penyimpangan sosial selanjutnya adalah kenakalan remaja. Kenakalan remaja adalah perbuatan atau kegiatan yang melanggar dari norma peraturan, hukum dan ketentuan.
Ada banyak alasan bagi remaja untuk melakukan hal tersebut karena beberapa faktor.
Kenakalan remaja disebut dengan patologis karena berbuat diluar batas yang bisa membuat kerugian dalam keluarga, melanggar norma hukum,merugikan lingkungan dan juga orang lain.
Contoh dari kenakalan remaja adalah
  • Pencurian
  • Memakai narkoba
  • Balapan liar
  • Tawuran
  • Berkelahi dengan teman

3. Tindak Kriminal

Contoh perilaku penyimpangan sosial paling mudah dilihat adalah banyaknya tindakan kriminal yang terjadi setiap harinya. Tindakan kriminal tidak hanya melanggar norma dalam masyarakat namun juga melanggar hukum yang ada.
Perilaku penyimpangan sosial ini biasa dilakukan secara individu maupun kelompok, dan menimbulkan keresahan bagi seluruh anggota masyarakat dan lingkungannya.
Sebagai akibatnya, pelaku yang tertangkap juga akan mendapatkan sangsi hukum hingga sangsi sosial seperti dikucilkan dimasyarakat.
Banyak penyebab seseorang melakukan tindakan sosial, seperti adanya tekanan sosial, tekanan ekonomi, rasa iri atau cemburu, hingga kebencian.
Suatu tindakan negatif atau kejahatanyang dilakukan dengan sengaja atau sadar oleh lelaki atau perempuan yang merugigikan orang lain.
Tindakan negatif ini mengakibatkan pelakunnya mendapatkan hukuman atau dipenjara, ada beberapa contoh dari tindak kriminal yaitu:
  • Pembunuhan berencana ataupun tidak direncanakan
  • Penganiayaan baik dalam hal fisik maupun psikis
  • Kekerasan dalam rumaha tangga yang sering dialami oleh kebanyakan korban adalah wanita
  • Korupsi uang rakyat yang sering terjadi di Indonesia
  • Pengedaran berbagai jenis narkoba karena hal ini jelas dilarang dinegara kita

4. Pernikahan Sesama Jenis

Contoh penyimpangan selanjutnya adaah LGBT. LGBT yang berarti Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender. Lesbian adalah istilah dari perempuan yang memilih orientasi seksual kepada sesama perempuan.Sama halnya dengan Homo itu adalah istilah untuk sesama lelaki.
Transgender adalah suatu tingkah laku yang tidak sesuai dengan kelaminnya bahkan ada yang mengganti jenis kelaminnya tersebut seperti lelaki yang mengubah kelaminnya menjadi wanita atau sebaliknya juga.
LGBT sangat sulit untuk dirubah karena mengubahnnya harus ada niat dari diri sendiri. LGBT menyimpang dari ajaran agama, sosial dan kebudayaan Indonesia.
Dari keluarga orang tua harus memberikan nilai-nilai agama yang kuat kepada anak-anaknnya agar tidak melakukan LGBT. Karena keharmonisan keluarga sangat penting untuk membentuk karakter seseorang dimasa depan.

4.  Fotografi berperan dalam perubahan sosial, karena memiliki pesan yang mendalam di setiap gambarnya. Mahasiswa diwajibkan membuat 1 (satu) hasil karya foto (hasil karya sendiri) bertemakan ”Nasionalisme dan Bela Negara”, Foto di upload di blog dan berikan analisa kritis/rekomendasi/solusi mengenai foto tersebut.
Jawaban :





Foto diatas adalah peringatan HUT RI ke 74. Menurut saya,dengan diadakannya lomba 17 Agustus, anak-anak dapat dikenalkan pada perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Hal ini tergambar pada perjuangan peserta yang perlu dilakukan untuk memenangkan lomba yang akrab disebut sebagai lomba 17-an tersebut. Tidak hanya mengingat perjuangan para pahlawan, lomba 17-an ternyata juga menyimpan manfaat lain yang baik bagi kesehatan jasmani dan rohani. Lomba pada saat perayaan 17 Agustus biasanya dilakukan di luar ruangan dan beragam dari jenis permainan individu maupun kelompok.


REFERENSI :
https://www.yuksinau.id/contoh-penyimpangan-sosial/

1 komentar :

  1. Alright...

    What I'm going to tell you might sound really weird, and maybe even a little "out there..."

    BUT what if you could just press "PLAY" and LISTEN to a short, "musical tone"...

    And magically attract MORE MONEY into your life??

    What I'm talking about is hundreds... even thousands of dollars!

    Sounds way too EASY?? Think something like this is not for real???

    Well, I'll be the one to tell you the news...

    Usually the largest blessings in life are the easiest to GET!

    In fact, I'm going to provide you with PROOF by allowing you to PLAY a real-life "magical abundance tone" I developed...

    You just click "PLAY" and the money will start coming into your life. starting pretty much right away.

    TAP here now to play this magical "Miracle Abundance TONE" as my gift to you!

    BalasHapus