JAWABAN UTS MATA KULIAH PANCASILA

19 Nov 2019

JAWABAN UTS MATA KULIAH PANCASILA


1.) Sangat penting, karena agama merupakan penunjuk jalan bagi orang-orang yang buta akan nilai nilai moral dan norma-norma agama yang ada dimasyarakat. Dengan memiliki agama,seseorang akan selalu berada pada jalan kebaikan,kedamaian dan kebenaran yang tentunya diajarkan oleh agamanya masing-masing.
 Contohnya : Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita bertemu dengan suku dan agama yang berbeda-beda, maka kita harusnya harus menghargai agama,suku lain agar kesatuan dan kedamaian di Indonesia ini tetap terjaga.

2.) Karena pancasila telah dijadikan dasar,dan pandangan hidup bangsa indonesia, dan tidak ada yang menggantikan pancasila sebagai dasar negara, ditambah dengan pancasila memiliki nilai dasar, dan nilai praktis yang semua itu dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa indonesia.
Mengapa terdapat orang-orang yang menolak Pancasila? Karena dulu pancasila sila ke satu, bukan "Ketuhanan yang maha esa" tetapi "Menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya" oleh karena itu orang yg beragama non islam menolak pancasila. Oleh karena itu,pemerintah langsung merubah sila kesatu menjadi ketuhanan yang maha esa.

3.) Menjalankan "Persatuan Indonesia" dengan cara :
1.         Menjaga nama baik bangsa dan Negara
2.         Ikut serta dalam ketertiban dunia
3.         Menjunjung tinggi persatuan bangsa
4.         Tidak membeda-bedakan ras,suku,agama
Karena generasi milenial sekarang lebih sering mengakses Handphone ketimbang Buku/Koran, metode yang paling efektif untuk memperkenalkan Pancasila untuk generasi milenial menurut saya bisa dengan menggunakan Media Sosial, contohnya YouTube, Instagram,Facebook yang diisi dengan konten yang kreatif. Atau bisa juga dengan Video,Animasi ataupun musik. Sehingga para generasi muda lebih tertarik dan mudah mencerna atau memahami isi dari Pancasila.

4.)
a.       Poin penting bagi Indonesia adalah, Indonesia bisa menjadi negara hukum yang baik dan tegas dalam menjalankan aturannya.
b.       Menurut saya belum bisa, karena hukum di Indonesia masih belum adil. Contohnya saja kasus korupsi, banyak pejabat yang Korupsi yang jelas-jelas merugikan negara miliaran atau triliunan. Masih bisa menikmati sel “Mewah” didalam penjara. Seharusnya pemerintah harus lebih tegas lagi supaya “Keadilan Sosial” bisa terwujud.

5.)




  
Foto ini saya ambil saat demo mahasiswa Tanggal 24 September 2019.

Mahasiswa menuntut DPR untuk mencabut pengesahan Rancangan Undang-undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP), karena (RUU KUHP) dinilai akan merugikan masyarakat dan kehidupan demokrasi di Indonesia.


0 komentar :

Posting Komentar